logo

kuliah3 

Fakultas Teknik menyelenggarakan Kuliah Tamu di Aula Fakultas pada hari Jumat (20 /2) lalu. Kali ini sebagai pembicara adalah Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Paraguay untuk Indonesia (His Excellency) Cesar Esteban Grillon Conigliaro.

Sebelum dimulainya kuliah tamu, beberapa sambutan disampaikan oleh Pembantu Rektor IV, Dekan Fakultas Teknik dan Pdt Baransano dari Sinode GKI Papua yang ikut mendukung kegiatan ini.

Topik dari Kuliah yang disampaikan oleh Bapak Duta Besar adalah: Paraguayan’s experience in Clean Renewable energy as the biggest producer and exporter of Hydro-Electric in the World and the great potential of Papua Province in getting Clean-Reewable-energy from its oceans. Dalam penyampaiannya Bapak Duta Besar menjelaskan tentang pengalaman Paraguay yang memiliki (sharing dengan Brasil) pembangkit tenaga air terbesar kedua di dunia (Itaipu Dam) dan juga kelebihan produksi energi listrik dari pembangkit tersebut yang di ekspor ke negara tetangga. Selanjutnya juga dijelaskan bahwa hampir 100% sumber energi listrik di Paraguay merupakan sumber energi yang bersih lingkungan dan terbarukan.

Kondisi di Paraguay ini dikatakan sangat berbeda dengan Indonesia yang masih mengandalkan energi listrik yang bersumber dari minyak dan batubara dimana cadangan sumber energi ini akan berkurang sejalan dengan waktu. Oleh karena itu perlu di cari alternatif sumber energi yang tersedia setiap waktu (sustainable) dan bersih lingkungan yaitu energi terbarukan.

Solusi yang ditawarkan (khususnya di Papua) adalah memanfaatkan energi arus bawah laut dan energi pernukaan (gelombang) air laut. Hal ini didasarkan atas hasil penelitian mengenai potensi energi gelombang dan arus bawah laut di daerah Indonesia (termasuk Papua) oleh Indonesian Ocean Energy Association tahun 2011.

Dalam Kulaih ini juga ditampilkan beberapa video yang menjelaskan tentang teknologi pembangkit listrik memanfaatkan energi gelombang dan arus laut yang sudah diaplikasikan di beberapa negara.

ALBUM FOTO

 

Leave a Reply