logo

IMG_6254d

Pada bulan Desember tahun 2011 telah ditandatangani MOU antara Universitas Cenderawasih, University of Twente Belanda, Institut Teknologi Bandung, Pemerintah Kota Jayapura dan WWF Region Sahul dalam rangka Pembangunan dan Pengembangan Bersama Pusat Pengetahuan tentang Energi Matahari (Joint Development of a Knowledge Centre on Solar Energy). Tujuan utama dari kerjasama ini yaitu dibangunnya Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)  dengan kapasitas 35kWp di atap gedung Pemerintah Kota Jayapura sebagai pusat kajian studi mengenai energi matahari di Kota Jayapura.  Sebagai bagian dari kerjasama ini, pada hari Selasa tanggal 31 Maret 2015 diadakan Kuliah Umum di Aula Fakultas Teknik. Sebagai pemateri adalah:
1. Prof Angele Reinders dari Universitas Twente Belanda dengan topik kuliah Solar PV Systems:Design, Monitoring and Simulations
2. Dr Armi Susandi dari Institut Teknologi Bandung dengan topik Perkembangan Energi Surya di Indonesia

P1250024d

Dalam kuliahnya , Prof Angele Reinders membahas mengenai visibility dari implementasi PLTS terutama di Provinsi Papua yang sangat potensial dibandingkan dengan provinsi lainnya berdasarkan faktor-faktor geografis, eksisting ketersediaan listrik PLN  dan nilai keekonomian. Pemanfaatan PLTS ini juga sekaligus  meningkatkan rasio elektrifikasi. Selanjutnya juga dibahas unjuk kerja dari PLTS yang telah dibangun di gedung Pemerintah Kota Jayapura yang rata-rata berada diatas 75% . Pemanfaatan dari sistem ini yaitu sebagai suplai energi listrik (tambahan) di salah satu gedung Walikota Jayapura.

Selanjutnya dalam kuliah yang disampaikan Dr Armi Susandi, membahas tentang ketersediaan energi konvensional yang semakin berkurang. Energi matahari yang sangat melimpah sangat potensial dijadikan sebagai sumber energi dengan beberapa keuntungan/kelebihan dilihat dari ketersediaan dan dampak lingkungan yang bersih sehingga dapat dijadikan sumber energi berkelanjutan. Mengenai PLTS yang telah dibangun di Gedung Walikota, Dr. Amri menjelaskan bahwa instalasi pembangkit ini dapat dimanfaatkan seluas-luasnya oleh Universitas Cenderawasih untuk pengembangan di bidang pengajaran  dan penelitian. 

Pada hari yang sama dilaksanakan diskusi di Kantor Walikota yang dihadiri oleh semua pihak yang terlibat dalam MOU ini mengenai manfaat dari PLTS yang telah dibangun dan rencana pengembangan selanjutnya.

 

P1250034d

Acara diskusi tentang PLTS di Kantor walikota Jayapura

 

P1250043d

Kunjungan Dosen dan Mahasiswa  ke Panel Surya PLTS di Gedung Walikota

ALBUM FOTO

 

updated

Sejak Februari 2017 Penggunaan Energi Sistem Pembangkit di Kantor Walikota dapat di monitor secara langsung di link berikut

 

 

 

 

Leave a Reply